Tips: Agar Postur Tubuh Anak Tidak Bungkuk

Beberapa anak punya postur tubuh membungkuk dengan berbagai alasan. Namun jika kondisi ini dibiarkan terus menerus akan membuat postur tubuhnya bermasalah suatu saat nanti. Karena itu bantulah anak memperbaiki postur tubuhnya.
Postur tubuh anak yang membungkuk biasanya disebabkan karena anak lebih sering duduk dengan posisi malas atau merasa malu dengan adanya perubahan di dalam tubuhnya.

Kondisi ini tentu saja tidak bisa dikesampingkan, karena berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu orangtua harus memeriksa lingkungan sekitar anak dan memastikan bahwa anak mendapatkan fasilitas yang mendukung untuk menciptakan postur tubuh yang tepat.

Seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (27/7/2010) ada beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh orangtua untuk membantu memperbaikin postur tubuh anaknya, yaitu:

Periksa postur skoliosis anak
Skoliosis adalah salah satu kondisi medis yang serius. Postur tubuh yang baik adalah jika didukung oleh tiga kurva tulang belakang yang normal. Namun jika orangtua menemukan anaknya memiliki satu sisi bahu yang lebih tinggi atau melihat pakaian anak tidak tampak rata, maka ada kemungkinan terjadi gangguan dengan tulangnya.

Skoliosis adalah kelengkungan tulang belakang yang terjadi dari sisi ke sisi dan berbeda dengan kelengkungan normal, serta berlangsung dari depan ke belakang. Kondisi ini bisa diperbaiki tanpa melalui operasi jika kelengkungannya masih dalam derajat yang kecil.

Periksa berapa beban yang diterima anak saat menggunakan tas punggung
Menggunakan tas ransel yang berat bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa tulang belakang. Pierre dHemecourt, seorang dokter olahraga anak dari Boston Children's Hospital menuturkan anak yang secara teratur membawa beban berat akan cenderung membuat badannya membungkuk.

Hal ini akan mempengaruhi tulang belakang bagian atas dan juga memiringkan kepala. Selain itu juga bisa menyebabkan patah tulang karena stres serta kelengkungan tulang belakang yang tidak normal.

Periksa meja yang digunakan oleh anak
Sebuah kursi harus memiliki tinggi yang tepat sehingga anak bisa duduk dengan tegak, lutut membentuk sudut 90 derajat dan kaki mendatar di lantai. Meja yang digunakan juga harus pas sehingga anak tidak perlu membungkuk saat membaca.

Ajaklah anak untuk membicarakan perubahan tubuhnya
Anak perempuan biasanya lebih sering menyembunyikan perubahan yang terjadi di dalam tubuhnya, hal ini bisa berakibat jangka panjang seperti timbul sakit pada leher.
Pastikan anak untuk bergerak atau mendapatkan aktivitas fisik
Olahraga seperti berenang bisa menyediakan semua latihan tubuh bagian atas yang dapat membantu mengembangkan otot tanpa merusak sendi. Selain itu menari juga bisa memberikan keselarasan tubuh dan postur yang baik.

Cobalah untuk melakukan beberapa latihan di rumah
Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan, misalnya dengan melihat berapa lama anak bisa berjalan dengan postur yang baik ketika berusaha menyeimbangkan buku di atas kepalanya.

Kepala anak diharuskan untuk agak terangkat, bahu ke belakang dan perut dalam posisi yang benar. Selain itu ingatkan anak untuk duduk dengan posisi yang benar jika sudah terlihat anak membungkuk.


sumber :http://www.lintasberita.com/go/1214896

Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Comment ya... And Please No SPAM.. :)

Mau Update Status dengan Tulisan [̲̅̅k̲̅][̲̅̅o̲̅][̲̅̅t̲̅][̲̅̅a̲̅][̲̅̅k̲̅]Seperti Ini
 
Masukan tulisan Anda pada Form dibawah ini:

Silahkan Copy paste hasilnya dibawah ini 
untuk dijadikan  status atau komentar di facebook