Ternyata kampas rem belakang Supra X125 model cakram sama dengan punya Suzuki Satria F 150. Seperti pengalaman Rio Purnomo, warga Joglo, Jakarta Barat. Dia pasang punya Supra X125 di bebek Hyperunderbone itu.
Rio punya alasan kuat, ketika melacak komponen bebek Suzuki itu susah ditemui. Kebetulan ada bengkel yang menawari punya bebek Honda 125 cc. “Secara bentuk sama kok. Karena kepala babi atau atau kaliper bentuknya sama. Apalagi sama-sama satu piston dan satu merek,” jelas Hasan, mekanik Hasan Motor dari Jl. Kelapa Dua Raya No. 7, Jakarta Barat itu.
Selain bentuknya sama, material kampas rem belakang Satria dan Supra X125 sama kok. “Kualitasnya, bisa dicoba, sama-sama kuat,” jelas Hasan yang dulunya mekanik bengkel resmi Suzuki itu.
Tapi, walau bahan sama namun berbeda harga. Kalau punya Satria lebih mahal. Buat Satria Rp 60 ribu. Sedang punya Supra X125 hanya Rp 37 ribu. Bisa jadi lebih murah karena memang beda pabrikan.
Untuk pemasangan ulang, Hasan memberikan contoh di motor Fadil. Sebelum dibongkar, siapkan perkakas yang diperlukan. “Seperti kunci L 5, obeng min dan kunci ring 12,” ungkap Hasan yang spesialis Suzuki Satria F sejak dulu itu.
Pertama, lepaskan baut 12 pegangan knalpot pakai kunci ring. Lalu, buka baut L 5 pengancing kampas di kaliper. “Congkel kampas pakai obeng min agar mudah dilepas,” ucap mekanik yang suka balap ini.
Setelah itu, baru pasang yang baru deh. Jangan lupa pasang kembali baut-baut yang dilepas tadi yah. Siap Bro? (motorplus-online.com)
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/12/16/326318/226/27/Subtitusi-Kampas-Rem-Supra-X125-Buat-Satria-F-150-Gak-Ada-Bedanya
Artikel Terkait:
tips
- Tips : 6 Cara Mencari Pasangan Lagi Setelah Putus
- Tips : Untuk yang Bertubuh Mungil Agar Terlihat Seksi
- Teknik Baru Korek Lubang Isap dan Buang di Kepala Silinder
- Silinder Head Satria F-150, Ditambal Babet Setelah Papas
- Manajemen Waktu: Apa yang Paling Penting?
- Tips: Menghilangkan Lem Atau Permen Karet Di Rambut
- Tips: Enam Tips Pintar Memaksimalkan Android
- Atasi Roda Belakang Skubek Macet
- Memasukan Foto Profil Pada Obrolan Facebook
- Part 2: Teknologi Pengaman Canggih, Tanpa Kunci Kontak dan GPS
otomotif
- Teknik Baru Korek Lubang Isap dan Buang di Kepala Silinder
- Silinder Head Satria F-150, Ditambal Babet Setelah Papas
- Warna Baru Yamaha Jupiter Z
- Atasi Roda Belakang Skubek Macet
- Pandur Le-Li Dilengkapi Sensor Macet
- Part 2: Teknologi Pengaman Canggih, Tanpa Kunci Kontak dan GPS
- Part 1:Teknologi Pengaman Canggih, Si Kunci Pintar I-Max Digital Smart Key
- Smart Key Immobilizer, Bisa Berbagai Tampilan
- Pedrosa Tak Senang Pakai Motor CRT
- Mengatasi Masalah Sekring Yamaha V-Ixion
0 comments:
Posting Komentar
Jangan Lupa Comment ya... And Please No SPAM.. :)