Banyak yang latah, motor 4-tak kerap disamakan dengan 2-tak. Seperti motor standar banyak yang gonta-ganti spuyer. Misalnya diganti lebih besar supaya tenaganya melonjak.
Padahal, motor 4-tak sudah dilengkapi klep. Suplai gas bakar diatur oleh klep isap dan buang. Jadinya ukuran spuyer cenderung konstan.
Kalau motor standar ganti spuyer dengan ukuran lebih besar, malah kerap ngedrop tenaganya. Karena suplai bensin lebih banyak daripada udara.
Akibat bensin yang terlalu kaya, jadinya tidak terbakar semua. Ledakan yang
dihasilkan pembakaran malah lebih kecil. Otomatis tenaga mesin pun tidak besar.
Repotnya lagi, tidak hanya boros bensin, akibat pemakaian spuyer yang terlalu besar bisa menghasilkan kerak. Ruang bakar jadi kotor dan harus cepat servis besar.
Termasuk motor standar yang hanya ganti knalpot racing. Spuyernya belum tentu harus ganti. Cara mengeceknya harus perhatikan kepala busi hasil pembakaran.
Jika warnanyanya masih merah bata apalagi ada kerak hitam, tidak perlu ganti spuyer dulu. Kecuali jika warna elektroda busi putih. Petanda spuyer harus naik. (motorplus-online.com)
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/12/15/326305/213/27/Jangan-Sembarang-Ganti-Spuyer-di-Motor-4-tak
Artikel Terkait:
otomotif
- Teknik Baru Korek Lubang Isap dan Buang di Kepala Silinder
- Silinder Head Satria F-150, Ditambal Babet Setelah Papas
- Warna Baru Yamaha Jupiter Z
- Atasi Roda Belakang Skubek Macet
- Pandur Le-Li Dilengkapi Sensor Macet
- Part 2: Teknologi Pengaman Canggih, Tanpa Kunci Kontak dan GPS
- Part 1:Teknologi Pengaman Canggih, Si Kunci Pintar I-Max Digital Smart Key
- Smart Key Immobilizer, Bisa Berbagai Tampilan
- Pedrosa Tak Senang Pakai Motor CRT
- Mengatasi Masalah Sekring Yamaha V-Ixion
tips
- Tips : 6 Cara Mencari Pasangan Lagi Setelah Putus
- Tips : Untuk yang Bertubuh Mungil Agar Terlihat Seksi
- Teknik Baru Korek Lubang Isap dan Buang di Kepala Silinder
- Silinder Head Satria F-150, Ditambal Babet Setelah Papas
- Manajemen Waktu: Apa yang Paling Penting?
- Tips: Menghilangkan Lem Atau Permen Karet Di Rambut
- Tips: Enam Tips Pintar Memaksimalkan Android
- Atasi Roda Belakang Skubek Macet
- Memasukan Foto Profil Pada Obrolan Facebook
- Part 2: Teknologi Pengaman Canggih, Tanpa Kunci Kontak dan GPS
0 comments:
Posting Komentar
Jangan Lupa Comment ya... And Please No SPAM.. :)