Namun bukan berarti yang tidak punya flowbench harus tenggelam. “Berdasarkan pengukuran dengan flowbench bisa diambil beberapa pelajaran,” jelas Tomy Huang, bos BRT yang sudah lama memiliki alat ukur canggih itu.
Misalnya zaman dulu ketika mengorek lubang isap. Selalu membuang bos klep yang nongol di tengah lubang. Katanya menghalangi laju gas bakar. Makanya perlu dipangkas.
Padahal, setelah menggunakan flowbench tidak perlu dipangkas. “Yang penting target cfm (cubic feet per minute) yang diinginkan sudah tercapai,” jelas Pak Tomy.
Jadi, apabila angka cfm yang dimau sudah didapat, lebih baik bos klep tidak perlu dipangkas. “Supaya klep tidak cepat oblak,” saran Pak Tomy.
Namun akibat mempertahankan bos klep, kudu membuang bagian yang lain. Supaya mempu menggantikan bagian yang termakan bos klep itu.
Dari hasil pengukuran menggunakan flowbench, tidak boleh sembarang memapas lubang porting. Kalau salah akan mengurangi kevakuman atau daya isap dari lubang silinder.
Menurut Pak Tomy, untuk menggantikan ruang akibat termakan bos klep bukan hanya sisi sampingnya yang dikikis. Tapi, dibuatkan jalur khusus di sisi samping yang lebih dalam. Lebih jelas lihat gambar.
Satu lagi langkah yang bisa dilakukan. Kalau memporting versi lama sering menambal bagian yang cekung di bawah bos klep. Biasanya ditambal lem porting. Tapi, sekarang justru dibikin cekung atau melingkar mengikuti bulatan sitting klep.
Karena membulat sebesar sitting klep, laluan gas bakar jadi besar. Bentuk seperi ini persis porting bawaan pabrik. Cekung di bawah bos klepnya.
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/01/04/326874/211/27/Teknik-Baru-Korek-Lubang-Isap-dan-Buang-di-Kepala-Silinder
Artikel Terkait:
tips
- Tips : 6 Cara Mencari Pasangan Lagi Setelah Putus
- Tips : Untuk yang Bertubuh Mungil Agar Terlihat Seksi
- Silinder Head Satria F-150, Ditambal Babet Setelah Papas
- Manajemen Waktu: Apa yang Paling Penting?
- Tips: Menghilangkan Lem Atau Permen Karet Di Rambut
- Tips: Enam Tips Pintar Memaksimalkan Android
- Atasi Roda Belakang Skubek Macet
- Memasukan Foto Profil Pada Obrolan Facebook
- Part 2: Teknologi Pengaman Canggih, Tanpa Kunci Kontak dan GPS
otomotif
- Silinder Head Satria F-150, Ditambal Babet Setelah Papas
- Warna Baru Yamaha Jupiter Z
- Atasi Roda Belakang Skubek Macet
- Pandur Le-Li Dilengkapi Sensor Macet
- Part 2: Teknologi Pengaman Canggih, Tanpa Kunci Kontak dan GPS
- Part 1:Teknologi Pengaman Canggih, Si Kunci Pintar I-Max Digital Smart Key
- Smart Key Immobilizer, Bisa Berbagai Tampilan
- Pedrosa Tak Senang Pakai Motor CRT
- Mengatasi Masalah Sekring Yamaha V-Ixion
0 comments:
Posting Komentar
Jangan Lupa Comment ya... And Please No SPAM.. :)