Nikon J1, Kamera Kompak untuk Keluarga


TEMPO.CO, Jakarta - Pasar compact system camera (CSC) mulai tumbuh pesat. Hampir setiap minggu muncul model baru dari berbagai merek besar. Nikon tak mau ketinggalan untuk mencicipi gurihnya pasar kamera yang masuk di antara kamera pocket dan digital single-lens reflex (DSLR) ini. Hadir dengan ukuran kompak dan lensa yang bisa diganti-ganti, Nikon menamakan kamera terbarunya ini Nikon J1.

Tempo kali ini berkesempatan untuk menilik lebih jauh kamera yang memiliki CCD piksel hingga 10,1 megapiksel ini, dengan balutan warna putih. Nikon J1 tergolong sebagai kamera mirrorless dengan lensa bisa diganti-ganti. Ukurannya tentu lebih kecil ketimbang kamera DSLR tradisional.


Berukuran kecil dan kompak itulah yang membuat kamera jenis ini mampu bertahan di pasar. Bahkan permintaannya terus melonjak.

Kesan pertama saat Tempo melihat tampilan Nikon J1 warna putih ini adalah elegan. Di bagian depan hanya ada dua tulisan "Nikon 1 dan J1". Sama sekali tak ada keterangan berapa megapiksel kamera ini dapat menangkap gambar. Yang jelas, kamera ini nyaman digenggam.


Seperti kebanyakan kamera, yang paling penting adalah lensanya. Untuk tipe ini, Nikon telah menyediakan berbagai tipe lensa dengan berbagai ukuran. Untuk saat ini hanya tersedia tipe lensa standar, yakni 10-30 milimeter (mm), 30-110 mm, dan 10-100 mm. Adapun yang Tempo coba adalah lensa 10 mm fixed-focus.

Sayang, dengan jenis lensa tersebut, Tempo tak bisa melakukan zoom saat mengambil gambar. Yang disayangkan lagi, tak ada zoom digital di kamera ini.

Ada dua mikrofon kecil di atas lensa, lampu auto-focus, dan sensor inframerah. Di sisi kanan terdapat colokan USB dan mini HDMI. Sebaliknya, di sisi kiri kamera tak terdapat tombol satu pun.


Di bagian atas terdapat lampu kilat yang bisa dinaikkan secara manual, tombol power, shutter, dan tombol perekam video berwarna merah. Bagian belakang Nikon J1 didominasi layar LCD 3 inci dengan kerapatan 460 ribu piksel. Di samping kanan terdapat tombol untuk berbagai fungsi, seperti pilihan kamera atau video, display, menu, dan play.

Untuk kualitas gambar, Nikon J1 bisa diacungi jempol. Rentang ISO juga panjang, yakni 100 hingga 6.400. Yang menarik, hasil gambar untuk ISO 3.200 ke atas sangat jernih dan terang.


Fitur video juga tak kalah mengesankan. Nikon J1 mampu mengambil film 1.080/60i dengan format MOV. Saat ditampilkan di layar televisi high definition, hasilnya setara dengan video yang direkam camcorder.

Meski banyak kelebihan yang ditawarkan Nikon J1, ada juga beberapa kelemahan yang bisa menjadi bahan serangan oleh produk kompetitor, seperti Olympus Pen Mini E-PM1 dan Sony NEX-5N.


SPESIFIKASI:

CCD piksel: 10,1 megapiksel

Tipe sensor: CMOS

Ukuran sensor: 13,2 x 8,8 mm

Aspek rasio: 3 : 2 dan 16 : 9

LCD Monitor: 3 inci

Resolusi layar: 460,000 dots

Layar sentuh: Tidak

Mode fokus: Auto-focus

Shutter speeds terpendek: 1/16.000 detik

Shutter speeds terlama: 30 detik

ISO: 100-6.400

Resolusi video: 1.920 x 1.080, 1.280 x 720 720p

Image stabilization: Tidak ada

Koneksi: HDMI, USB 2

Slot memori: SD, SDHC, SDXC

Tipe file: RAW, JPG, RAW + JPG

Baterai: Li-ion EN-EL20

Berat: 277 gram

Dimensi: 106 x 61 x 29,8 mm

PLUS:

Kecepatan menangkap gambar hingga 60 fps

Viewfinder sudah high resolution

Ukuran kompak dan penuh gaya

Banyak pilihan lensa tersedia

Hybrid AF: Mendeteksi kontras dan fase

Kualitas gambar mengesankan

Video kecepatan tinggi - 400/1.200fps

MINUS:


Pada ISO tinggi, kualitas gambar tak sesuai Micro Four Thirds

Mode scene tak bisa dipilih satu per satu

Sistem dust reduction kurang memadai

Tak ada digital zoom

http://id.berita.yahoo.com/nikon-j1-kamera-kompak-untuk-keluarga-035200039.html

Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Comment ya... And Please No SPAM.. :)

Mau Update Status dengan Tulisan [̲̅̅k̲̅][̲̅̅o̲̅][̲̅̅t̲̅][̲̅̅a̲̅][̲̅̅k̲̅]Seperti Ini
 
Masukan tulisan Anda pada Form dibawah ini:

Silahkan Copy paste hasilnya dibawah ini 
untuk dijadikan  status atau komentar di facebook