Bikin 3 Robot, UI Dapat Penghargaan Internasional

Jakarta - Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih penghargaan di ajang Kompetisi Robot Internasional ‘The 13th International Robot Olympiad 2011 (IRO)’ melalui 3 robotnya. Ingin tahu?

Di ajang yang berlangsungpada 15-18 Desember 2011lalu itu, UI mengirim tiga tim yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Komputer, yakni ‘tim Inxscopoda’ (Hadid Fadhila, Irvan JP Elliika dan Fredrick Sanjaya), tim ‘SMART-CUE’ (Novika Ginanto, Tito Apriano, dan Lasguido) dan tim ‘Si Gale-Gale’ (Crisman Wise PS dan Deny K. Sihombing).

Sedangkan tim Si Gale-Gale mengikuti kategori Robot Indonesianayang diharapkan mampu memunculkan robot-robot yang mampu melestarikan budaya Indonesia dengan memadukan budaya dan teknologi. Tim Si Gale-Gale berhasil meraih Technical Award.


Robot pelacak telecontrolled mampu menjelajah dan mendapat informasi mengenai kondisi seperti suhu,kelembaban dan visualisasi daerah berbahaya tanpa harus mempertaruhkan keselamatan tim SAR. Robot ini menggunakan sensor ponsel Android (GPS, Accelerometer, giroskop) yang ditransmisikan pada komputer melalui koneksi nirkabel kontroler.

Inxscopoda

Inxscopoda yang memiliki dua tanganmampu mengangkat benda atau memindahkan manusia dari reruntuhan dan bergerak di daerah yang tidak stabil.Sedangkan SmarT-Cue merupakan robot menyerupai meja untuk membantu manusia menyelamatkan barang berharga seperti perangkat elektronik dari bencana banjir di ketinggian air maksimal 250cm.

SmarT-Cue

Selain itu, SmarT-Cue juga dilengkapi sistem peringatan banjir berupa SMS pada pemilik rumah yang juga terintegrasi aplikasi alarm berbasis Android minimal versi 2.2.3. Robot Si Gale-gale merupakan robot yang menonjolkan seni budaya dan artistik yang mampu meniru tarian tradisional batak (Sumatera Utara).

Si Gale-gale

Robot ini menggunakan sensor bunyi sehingga untuk aktifasi cukup menepuk tangan. Robot Si Gale-gale ini spesial karena dilengkapi 21actuator sehingga robot mampu bergerak lebih luwes dan bebas serta gerakan/tarian sesuai tempo dan beat musik pengiring.

http://teknologi.inilah.com/read/detail/1813321/bikin-3-robot-ui-dapat-penghargaan-internasional

Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Comment ya... And Please No SPAM.. :)

Mau Update Status dengan Tulisan [̲̅̅k̲̅][̲̅̅o̲̅][̲̅̅t̲̅][̲̅̅a̲̅][̲̅̅k̲̅]Seperti Ini
 
Masukan tulisan Anda pada Form dibawah ini:

Silahkan Copy paste hasilnya dibawah ini 
untuk dijadikan  status atau komentar di facebook